Selasa, 13 Oktober 2020

PENGANTAR BISNIS

 

                   


                Pendapat saya , dalam kehidupan kita ini sekarang sangat lah penting yang namanya berbisnis , karena bisnis dapat membuat pendapatan yang lebih tinggi dan meningkatkan taraf kehidupan serta kesejahteraan bagi kita untuk menjadi yang lebih baik , bahkan bisa saja  membantu orang lain yaitu dengan cara memberikan pekerjaan , sehingga bisa mengurangi angka pengangguran . Berbisnis juga bisa mempeluas ilmu yang kita belum kita tau atau belum kita pelajari dan bisa memperbanyak teman kita sendiri . Bisnis juga bisa menjadi pekerjaan sampingan , contohnya yaitu kita membuka bisnis online shop di salah satu situs website yaitu Instagram , line , whatsapp , twitter , facebook , dll . Sebuah bisnis harus dipikirkan secara matang-matang , agar mendapat hasil yang maksimal , sebab bisnis memerlukan waktu , uang , tenaga dan kesabaran yang dapat menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis tersebut . Dengan bebisnis kita dituntut menjadi orang yang lebih baik , maksud nya  baik dalam hal ini adalah kita dituntut dalam hal seperti ketekunan dalam menjalankan bisnis tersebut , kedisiplinan dalam menjalankan bisnis tersebut , dan kita pun bisa menjadi orang yang lebih sabar . Dalam dunia bisnis pastinya setiap bisnis yang dijalankan pasti mempunyai pesaing yang banyak , tapi itu tidak menjadi hal yang terlalu di khawatirkan selama bisnis yang kita jalankan ini di jalankan dengan baik , sabar , ketekunan , sehingga kita mempunyai pelanggan yang setia yang sudah sangat mempercayai kinerja kita dalam menjalan kan bisnis ini . Maka dari itu bisnis juga memerlukan adanya kreatifitas dalam persaingan berbisnis . Semakin kreatif kita dalam menjalankan bisnis  semakin banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari bisnis ini .

 

              

        


              Menurut pendapat saya dari dampak nya pandemi virus corona  sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi . Pandemi ini menuntut orang untuk beradaptasi secara cepat dengan pola kerja baru . Dalam waktu yang cukup singkat , pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan social distancing . Pasalnya , sampai saat ini penyebaran virus belum bisa dihentikan karena belum ditemukan vaksin yang dapat mengobatinya . Bahkan , korban yang terpapar makin menunjukan jumlah peningkatan . Namun dibalik tentang virus semakin tidak tahu kapan selesainya , ada sektor usaha yang memiliki prospek peluang yang menjanjikan khususnya dalam sektor bisnis . Pandemi sendiri berhasil mempercepat bahkan memaksa terjadinya perubahan dalam bisnis , khusus nya makanan dan minuman serta aktivitas jual beli nya dari langsung menjadi daring atau online . Hal pertama yang perlu kita lakukan dalam menjalankan bisnis online adalah membuat alur transaksi yang jelas , mulai dari pemesanan hingga pengantaran . Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan saat ini :

 Membuat website

 Menjual produk di online (seperti BukaLapak , Tokopedia , atau Shopee)

• Menerima pesanan via chat (seperti Whatsapp dan LINE)

 Gencar melakukan kampanye pemasaran via akun sosial media . (seperti Facebook dan Instagram)

Komunikasi adalah hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat mencari peluang bisnis online di tengah pandemi . Mengapa penting ? Karena pandemi memberikan jarak bagi banyak pihak , tidak hanya dengan konsumen , tetapi juga dengan karyawan dan juga mitra lainnya . Kita sebagai pembisnis , jangan jadi kan kondisi pandemi ini membuat kita semakin tidak produktif tetapi jadi kan lah  semua ini pelajaran agar kedepan nya lebih baik lagi .

             


                


                Dalam teori masalah bisnis , pendapat saya tentang masih relevan tidak bila di lihat pada kondisi pandemic saat ini . Dan teori masalah bisnis itu ada banyak , tapi saya hanya menjelaskan nya hanya beberapa , yg pertama investasi , tabungan , pemerintah , pengangguran , politik dan teknologi .

1 . Investasi pada saat pandemic ini sangat lah berpengaruh terhadap perkembangan suatu  perusahaan . Dimana apabila perusahaan tersebut tidak memiliki investor , perusahaan tersebut harus berusaha keras dengan modal seadanya yang sedikitnya akan berpengaruh terhadap iklim bisnis di Indonesia dengan hambatan permodalan yang di alami perusahaan .

2 . Yang kedua yaitu tabungan , menurut saya saat pandemic ini  tabungan merupakan salah satu faktor pendukung untuk seseorang melakukan investasi .

3 . Pemerintah sangat berpengaruh dalam iklim bisnis di Indonesia apalagi saat adanya pandemic ini , berperan sebagai pengelola sistem bisnis yang ada di Indonesia . Dengan kebijaksanaan fiscal dan kebijaksanaan moneter .

4 . Selanjutnya yaitu pengangguan , yang mana saat pandemic ini semakin banyak angka pengangguran di Indonesia , karena semakin berkurang nya lapangan pekerjaan bagi mereka yang hanya mendapat pendidikan sampai jenjang sekolah SMA / SMP . Perkembangan zaman yang semakin membutuhkan tenaga ahli di berbagai bidang sesuai spesifikasi keilmuan, menyebabkan para lulusan sekolah SMA / SMP hanya bisa menjadi pegawai toko, buruh pabrik , dan bisa saja tenaga kebersihan di sebuah perusahaan .

5 . Yang ke lima yaitu Politik , walaupun belum terlalu nampak apa yang bisa di lakukan dunia Politik terhadap dunia Ekonomi , tetapi setidaknya Politik lah yang bahu membahu dalam perkembangan bisnis di Indonesia . Apalagi dalam keadaan pandemic sekarang dan adanya UU Cipta Kerja yang sudah di sahkan oleh DPR .

6 . Yang terakhir yaitu teknologi , sekarang ini saat masih adanya pandemic covid 19 ini , perkembangan dunia teknologi sangat lah pesat . Apalagi pemerintah saat ini memberlakukan Social Distancing , dan dunia teknologi sangatlah pas saat pemerintah memberlakukan Social Distancing .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kepedulian Sosial

Kepedulian sosial yaitu sebuah sikap keterhubungan dengan kemanusiaan pada umumnya, sebuah empati bagi setiap anggota komunitas manusia. Kep...