Senin, 05 Oktober 2020

Jurusan Akuntansi

 

Assalamualaikum WR.WB

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi



Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan favorit di kalangan anak IPS , tidak sedikit yang menganggap bahwa jurusan akuntansi itu merupakan salah satu jurusan yang cukup sulit . Banyak yang bilang kalau lulusan akuntansi itu saat bekerja mendapatkan pekerjaan yang sangat menjanjikan , selain itu anak jurusan akuntansi juga bisa menjadi menantu idaman!

                                                 


Kenapa sih bisa menjadi menantu idaman?

1.    Seorang akuntan saja bisa mengatur keuangan perusahaan , apalagi mengatur keuangan di rumah  tangganya


Alasan saya kenapa lebih memilih jurusan akuntansi yaitu karena kalau kita sudah menjadi lulusan akuntansi saat mencari pekerjaan itu sangat fleksibel loh,contoh ingin menjadi dosen juga bisa , menjadi guru , menjadi manager dll . Bekerja di perusahaan swasta / negri juga bisa , Dan alasan yang paling mendasar kenapa saya memilih jurusan akuntansi yaitu dalam perusahaan milik keluarga itu masih belum ada seorang akuntan , dan setiap perusahaan pasti sangat membutuhkan seorang akuntan .

mengapa sangat membutuhkan akuntan ?

 

  • Menyediakan Informasi Keuangan

Peran akuntansi dalam perusahaan yang paling mendasar tentu saja adalah kemampuannya dalam menyediakan berbagai informasi dan jawaban yang berhubungan dengan segala macam kegiatan keuangan. Segala data terkait keuangan akan tercatat dalam sistem akuntansi, memudahkan Anda dan karyawan untuk mengukur kondisi perusahaan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyusun pembukuan dan rutin memperbarui datanya.

Selain itu juga informasi keuangan berfungsi untuk mengambil keputusan yang tepat demi kelangsungan jalannya perusahaan. Sedangkan untuk pihak eksternal meliputi investor, rekan bisnis, kreditur dan pemerintah. Para eksternal seperti investor berhak melihat kondisi keuangan perusahaan apakah dalam kondisi stabil dan menguntungkan.

Sehingga ketika investor tersebut berinvestasi pada perusahaan bisa memberikan imbal balik berupa dividen yang tinggi bagi dirinya. Hak rekan bisnis tidak jauh berbeda dari investor yaitu untuk tujuan memperoleh keuntungan dari hubungan kerja sama bisnis untuk perusahaan

  • Identifikasi Data  Yang Relevan Untuk Pengambilan Keputusan

Data yang relevan untuk keputusan terdiri dari transaksi-transaksi dan kejadian dalam perusahaan. Bila berbicara tentang transaksi atau kejadian, maka hal tersebut akan selalu berhubungan dengan tindakan yang telah di selesaikan, misalnya membeli barang.  Kegiatan untuk membeli barang bukanlah merupakan transaksi, karena belum di laksanakan. Dalam hal tersebut, kegiatan itu tidak dapat menjadi acuan sebagai transaksi akuntansi dan karena itu tidak di proses lebih lanjut dalam akuntansi.

  • Sumber Informasi Kepada Pemakai Laporan

Laporan akuntansi yang di hasilkan oleh suatu sistem akuntansi yang beragam akan menimbulkan jenis laporan yang berbeda-beda tergantung pada pihak yang akan menggunakan laporan tersebut, misalkan laporan keuangan, banyak pihak luar perusahaan yang menggunakan informasi keuangan tersebut.

Misalnya pemegang saham, calon pemegang saham, kreditur, bank, pajak. Pada umumnya, pihak-pihak ini tidak dapat secara bebas memperoleh informasi yang di inginkan. Informasi yang mereka peroleh terbatas pada laporan yang di sediakan oleh manajemen perusahaan


Semoga bermanfaat atas informasi dari saya

terima kasih

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kepedulian Sosial

Kepedulian sosial yaitu sebuah sikap keterhubungan dengan kemanusiaan pada umumnya, sebuah empati bagi setiap anggota komunitas manusia. Kep...